Memahami Psikologi Kepribadian Manusia (Paradigma)

Daftar Isi
4 Paradigma Psikologi dalam Memahami Kepribadian Manusia - Pada artikel ini Universitas Psikologi akan membahas apa saja paradigma dalam ilmu psikologi. Diharapkan setelah pembelajaran ini selesai anda menjadi tahu dan paham bahwa ilmu psikologi juga dipengaruhi oleh suatau paradigma tertentu agar ilmu tersebut dapat berkembang.

Munculnya psikologi dalam sejarah ilmu pengetahuan adalah sebagai usaha untuk memahami manusia secara utuh. Salah satu cara untuk memahami manusia adalah dengan memahami tentang kepribadian manusia itu sendiri. Pemahaman mengenai kepribadian manusia tentu saja dipengaruhi oleh paradigma tertentu yang dipakai sebagai acuan.

4 Paradigma Psikologi dalam Memahami Kepribadian Manusia
Psikologi Kepribadian
Baca juga: Teori Psikologi Kepribadian Gordon Allport
Berikut ini adalah 4 paradigma yang paling banyak dipakai dalam dunia psikologi sebagai acuan:

1. Paradigma Psikoanalisis

Paradigma ini memiliki dua asumsi dasar, yaitu bahwa manusia adalah bagian dari dunia binatang dan manusia adalah bagian dari sistem energi. Kunci utama dalam memahami manusia adalah dengan mengenali insting seksual dan agresi. Tokoh yang mengembangkan teori Psikoanalisis pertama kali adalah Sigmund Freud, dan kemudian banyak tokoh lain mengembangkan teori tersebut, seperti Jung, Adler, Anna Freud, Horney, Erich Fromm, dan Sullivan. 

Masing-masing teori mencoba mendeskripsikan kepribadian seperti struktur, dinamika, dan perkembangan elemen pendukungnya. Sehingga, kemungkinan adanya penyimpangan tingkah laku dan cara mengatasinya dapat ditelaah dari penjelasan tersebut.

2. Paradigma Traits

Secara historis, paradigma Traits, Kognitif, dan Behaviorisme berasal dari satu pendekatan yaitu Psikologi Eksperimen. Tokoh pelopor Psikologi Eksperimen adalah Wilhelm Wundt. Wundt meyakini bahwa untuk memahami tingkah laku harus mengetahui unsur terkecil yang menyebabkan terjadinya tingkah laku tersebut. Pendekatan inilah yang pada akhirnya dikenal sebagai Psikologi Strukturalisme.

Namun kemudian, pendekatan strukturalisme ini mendapat tentangan dari pendekatan: (a) Fungsionalisme, meyakini bahwa memahami jiwa itu melalui fungsi jiwa bukan dari elemen atau unsur. Tokoh pendekatan ini adalah William James. Pendekatan ini menjelaskan mengenai habit, ingatan, berpikir, motivasi, atau fungsi jiwa lainnya, dimana semua potensi itu dimiliki manusia. Potensi tersebut kemudian diaktualisasikan dalam wujud kepribadian.

Potensi aktual dalam kepribadian ini yang menunjukkan bahwa tidak ada dua orang yang memiliki kepribadian sama. Paradigma Traits ini yang mengkategorikan orang dalam tipe tertentu. Tokoh teori Traits ini adalah William James, Murray, Maslow, Cattell, Eysenck, dan Allport ; (b) Gestalt, meyakini bahwa memahami jiwa itu bukan hanya melihat dari unsur yang terpisah, tetapi secara kesatuan ; dan (c) Behaviorisme, yakni suatu pendekatan yang mengembangkan metode observasi dalam memahami objek perilaku yang dapat diamati.

3. Paradigma Kognitif

Paradigma ini berawal dari Teori Gestalt, dengan tokohnya adalah Max Wertheimer. Teori Gestalt berasumsi bahwa manusia adalah sebagai pemroses informasi. Paradigma kognitif berasumsi bahwa untuk memahami tingkah laku diperlukan adanya pikiran, keyakinan, ingatan, motivasi, perasaan. Tokoh dan para ahli dalam paradigma ini adalah Kurt Lewin, George Kelly, Rogers, Bandura.

4. Paradigma Behaviorisme

Paradigma ini terbentuk karena tradisi kondisioning. Asumsi dari teori ini adalah bahwa manusia adalah mesin. Paradigma ini terkait dengan Teori Belajar, dimana tingkah laku manusia itu merupakan hasil belajar dari lingkungan. Tokoh dari pendekatan ini adalah Skinnner, Pavlov, dan Watson.

Sekian artikel Universitas Psikologi tentang 4 Paradigma Psikologi dalam Memahami Kepribadian Manusia. Semoga bermanfaat.
Universitas Psikologi
Universitas Psikologi Media belajar ilmu psikologi terlengkap yang berisi kumpulan artikel dan tips psikologi terbaru hanya di universitaspsikologi.com | Mari kita belajar psikologi dengan cara yang menyenangkan.

Posting Komentar